Laman

Kamis, 04 September 2014

Alam Santosa Gelar Pesta Rakyat Lestarikan Seni Budaya Sunda

Oleh : Asep Yuliyanto, SE
Bapak Eka Santosa bersama dengan
Wartawan/wati Wahana Nusantara
Siang yang cukup terik tak membuat lesu bagi masyarakat Desa Cikadut Kabupaten Bandung dalam merayakan HUT RI ke-69 di Alam Santosa, Minggu (17/08). Berbagai gelaran kesenian Sunda ditampilkan, seperti Pencak Silat, Kuda Renggong, Jampana dari Desa Cikadut dan Rangkong dari Rancakalong Sumedang.Masyarakat adat pun ikut memeriahkan pagelaran kesenian Sunda ini, terutama Baresan Olot Tatar Sunda.
Bahkan anak-anak pun semangat dalam menampilkan kesenian Pencak Silat, ditambah lagi atraksi Seni Kuda Renggong yang sangat atraktif membuat terkesima bagi masyarakat yang melihatnya.
Menurut Eka Santosa, salah satu tokoh Jawa Barat yang peduli seni budaya Sunda, Alam Santosa yang merupakan wilayah Desa Cikadut Kabupaten Bandung akan dijadikan tempat untuk mengapresiasi Seni Budaya Sunda. “Saya berharap Alam Santosa menjadi tempat wisata untuk mempertontonkan segala bentuk seni budaya Sunda. Mudah-mudahan para seniman dan budayawan Sunda bisa meramaikan tempat ini guna melestarikan dan mengembangkan Budaya Sunda bagi para generasi muda penerus bangsa,” ujarnya.
Alam Santosa, memiliki hutan buatan yang rimbun dengan berbagai jenis tanaman langkanya. Udaranya yang cukup sejuk membuat para wisatawan akan betah tinggal di Alam Santosa ini. Apalagi ada tempat pertemuan berupa bangunan adat Sunda yakni Julang Ngapak yang mampu menampung 100 lebih orang untuk rapat sambil menikmati rimbunnya hutan Alam Santosa.

Eka berharap, Alam santosa menjadi tempat tujuan wisata yang bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Cikadut Kabupaten Bandung