Laman

Kamis, 04 September 2014

Robby: “Mapag Jagad Pasundan” Kreasi Seni Sunda Modern

Oleh : Asep Yuliyanto, SE

BANDUNG-WAHANANUSANTARA
Kegiatan yang mengangkat Seni Budaya Sunda bertema “Napak Jagad Pasundan Ngider Dayeuh Mapay Lembur” telah digelar dua tahap, dan dirintis sejak Oktober 2013. “Seni Sunda tidak hanya merupakan tontonan saja, karena sejak dahulu dilahirkan membawa misi berupa tuntunan adat istiadat yang berbudi luhur. Selain itu, seni budaya Sunda juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakatnya,” ungkap Kang Robby Maulana Zulkarnaen salah satu pendiri dan Ketua Umum SundawaniWirabuana di Lapangan Sukapura, Kelurahan Sukapura Kiaracondong Bandung, Sabtu (16/8).
Lanjut Robby, kegiatan Seni Sunda bertema Mapag Jagad Pasundan ini merupakan kreasi moderen dari para teman pecinta Seni Sunda khususnya di Jawa Barat. “Kreasi seni Sunda ini lahir lantaran anak-anak muda sekarang lebih mencintai musik Barat, sehingga seni tradisional Sunda semakin terpinggirkan dan tergerus kemajuan jaman. Saya selaku pendiri Sundawani Wirabuana sangat prihatin dengan keadaan musik Sunda yang lahir dari Budaya Sunda malah semakin tidak dikenal di kalangan mudanya. Sehingga Saya bersama teman-teman mengagas pertunjukan Seni Sunda yang dikemas secara moderen dengan melibatkan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah. Alhamdulillah kegiatan ini sangat didukung sponsor yakni PT. Djarum Coklat,” ujarnya dengan optimis.
Robby berharap kreasi Seni Sunda Mapag Jagad Pasundan bisa digelar diberbagai daerah di Tatar Priangan. “Dulu tahun 2013, kami telah menggelar 19 tiitik kegiatan kreasi seni Sunda. Pada satu kecamatan hingga dilakukan kegiatan sebanyak 2 titik dalam satu kota/kabupaten. Pada kegiatan ini ada panggung kecil dan panggung besar untuk setiap pertunjukan kreasi Seni Sunda. Belum lama ini dilaksanakan di Alun-alun Ujungberung, terus di Lapangan Sukapura pada 16 Agustus dan nanti pada 23 Agustus dilaksanakan kreasi seni dengan panggung besar di Yon Linud 330 Cicalengka,” tuturnya.

“Ternyata kesenian Sunda bila dikemas dengan kemasan yang moderen bisa tidaklah kalah dengan musik moderen lainnya. Kelebihan kita, Seni Sunda bukan sekedar tontonan saja, tetapi mengandung tuntunan yang memiliki nilai-nilai luhur budaya Sunda. Dan kami sangat bangga dengan leluhur kita yang telah melahirkan Budaya Sunda. Mudah-muahan anak-anak muda kita juga tergerak mencintai kreasi Seni Sunda yang lahir dari Budaya Sunda,” ungkap Robby.